Latest Updates

Pesantren Unik dan Aneh Di Indonesia

1. Pondok Pesantren Bawah Tanah

Pondok pesantren (Ponpes) Syeh Maulana Mahgrobi sebuah pesantren langka sekaligus satu-satunya di tanah air bahkan mungkin di dunia. Tidak seperti pesantren lainnya yang dibangun bertingkat di atas permukaan tanah. Ponpes Syekh Maulana Mahgrobi, pimpinan KH Subhan Mubaroq letaknya cukup ekstrem, berada pada kedalaman 20 m di dalam tanah.

Ponpes ini berada di Dusun Wire Desa Kedungombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jatim. Pimpinan Ponpes Syekh Maulana Mahgrobi, punya alasan tersendiri kenapa pesantrennya dibangun di lorong-lorong goa, jauh di bawah permukaan tanah. Salah satu alasan yang mendasari pembangunan pesantren ini yakni bahwa, “semua ayat suci dari kitab-kitab suci di zaman nabi-nabi, diturunkan Allah di bawah tanah atau di dalam goa.”  Merujuk penerimaan wahyu itu Kiai Subhan ingin mengajarkan ilmu keagamaan berada di dalam goa

2. Pondok Pesantren Tiban

Banyak yang berasumsi tentang keberadaan bangunan ini dengan mengaitkannya pada hal-hal yang berbau mistis. Asumsi ini didasarkan atas kemegahan dan keindahan arsitektur yang dimiliki bangunan ini serta pembiayaan untuk menyokong pembangunannya. Namun asumsi yang selama ini mengiringi keberadaan Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah tidaklah benar.

Sejatinya, Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah ini sudah ada sejak tahun 1963. Pondok pesantren ini dipimpin oleh Hadratus Syaikh H Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam atau yang lebih dikenal dengan nama romo Kyai Ahmad. Beliau jugalah yang mendesain arsitektur bangunan pondok ini. Walaupun tidak mempunyai latar belakang seorang arsitek, romo kyai Ahmad bisa mendesain sebuah bangunan megah yang bernuansa arab dan timur tengah tersebut atas hasil dari istikharah. Dari hasil istikharah itulah pada sejak tahun 1978 Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah dimulai proses pembangunannya dan terus berlanjut hingga sekarang. Sedangkan untuk masalah pendanaan dan ketenagakerjaan semuanya bersifat swakarsa dari para jamaah pondok.



Ada yang unik dari pengerjaan pembanguan pondok pesantren ini, yaitu pengerjaannya tidak menggunakan alat-alat berat modern. Semuanya murni dikerjakan oleh tenaga manusia. Kata fenomenal tampaknya cocok untuk menggambarkan masjid milik Pesantren Salafiyah di Jawa Timur. Mulai dari arsitekturnya yang luar biasa, hingga namanya yang cukup panjang, akan menuai decak kagum jamaah yang datang.



Masjid Pondok Pesantren Salafiyah, Bihaaru Bahri "Asali Fadlaailir Rahmah di Malang, Jawa Timur adalah salah satu di antara masjid dengan gaya arsitektur terbaik di Indonesia. Keunikan arsitektur masjid dan pesantren ini membuat siapa saja terkagum-kagum. Semua yang telah datang pun akan sepakat, bahwa cukup sulit untuk menentukan gaya yang dipakai karena sangat unik. Ada yang bergaya China, India, Romawi, hingga Timur Tengah.



Tidak hanya masjid, arsitektur luar biasa ini diterapkan di seluruh bangunan pesantren yang terdiri dari 10 lantai. Uniknya, hampir setiap ruangan yang ada di Pesantren Salafiyah, Bihaaru Bahri "Asali Fadlaailir Rahmah tidak sama. Jadi, pengunjung yang datang akan menemukan suasana yang berbeda di setiap ruangannya.



3. Pondok Pesantren Preman


Sebuah pondok pesantren di Kota Semarang mencoba mengkhususkan diri memberi pencerahan kepada para preman atau berandal jalanan. Dengan metode yang disebut tombo ati (obat hati), pengelola pondok pesantren ini berupaya mengajak para bandit jalanan agar sadar dan bekerja dengan cara yang benar.

Pesantren itu sendiri bernama Pesantren Istighfar, dimaksudkan agar tempat ini bisa menjadi tempat bertobat. Pengelola pesantren, Mohamad Kuswanto atau Gus Tanto setiap hari melayani sedikitnya 250 orang preman yang belajar ibadah.

Semuanya adalah santri kalong atau santri yang datang ke pesantren jika ada acara atau membutuhkan konsultasi. Menurut Gus Tanto, pesantren itu didirikan secara fisik tahun 2005, meski aktivitasnya sudah ada sejak 20 tahun lalu.

Jika melihat bangunanya, sepintas bangunan pesantren ini lebih mirip sebuah klenteng dengan hiasan ornamen relief naga. Keunikan lain, lampu disko di dalam mushola dan tulisan "Wartel Akherat 0.42443" yang tertera pada dinding mushola. Sederetan angka jumlah rakaat salat, yang melambangkan cara berkomunikasi dengan Allah. Semua keunikan pada ponpes tersebut melambangkan perjalanan para preman yang ingin kembali ke jalan yang benar.

4. Pondok Pesantren Waria


Ini pesantren khusus waria. Karena itu santri pun dibebaskan untuk “memilih” menjadi laki-laki atau perempuan, termasuk dalam hal beribadah. Pesantren ini juga dikenal luas dengan sebutan Pondok Senin Kamis. Pondok pesantren (ponpes) ini berdiri setelah salah seorang waria bernama Maryani yang awalnya mengikuti pengajian di pondok pesantren yang berada di Jalan Godean asuhan Kiai Hamroli Harun.
 
Ponpes yang berdiri sejak 2008 ini memiliki 25 santri yang aktif. Kegiatan pondok pesantren mulai dari pengajian, salat berjamaah, belajar membaca Alquran, atau tukar pikiran yang diadakan setiap Minggu sore. Tetapi tidak ada paksaan yang mewajibkan waria masuk dalam ponpes. 

Di pondok ini disediakan kain sarung dan mukena untuk solat. Santri bebas memilih pakaian, yang penting nyaman.

Dari beragam sumber. Jika ada usulan silahkan e mail ke pemutuscinta@gmail.com


.



0 Response to "Pesantren Unik dan Aneh Di Indonesia"

Posting Komentar