Latest Updates

5 Kota Indonesia Dengan Julukan Van Java

Jika anda sering bepergian ke luar kota, seringkali pasti menemukan ada kota yang memiliki julukan dengan embel-embel van Java. Ini bahasa belanda yang berarti dari Jawa, seperti pemain sepakbola terkenal dari belanda bernama Robi van Persie, dll. Berikut lima kota di Indonesia yang memiliki julukan disertai dengan embel-embel van Java belakangnya.

1. Bandung, Paris Van Java
Tahukah anda bahwa sebenarnya julukan Paris van Java diberikan oleh orang eropa sejak dulu kala ketika menjajaki Bandung? Sekitar abad 18, atau tepatnya 1825, kota Bandung sudah mendapatkan julukan si Paris yang ada di pulau Jawa. Mengapa Paris? Usut punya usut ternyata dua kota tersebut ibarat saudara kembar mengingat keduanya merupakan kota sejuk dan tidak terlalu panas. Dan satu lagi yang membuat Bandung disebut Paris van Java, ternyata dari dulu kota ini sudah dikenal sebagai kota fashion dan jajan. Karena itu kalau sahabat sedang ke Bandung, jangan heran kalau melihat gadis-gadis Bandung, atau yang lebih dikenal dengan mojang parahiyangan memiliki dandanan super modis, senyum ramah, dan bisa jadi anda langsung jatuh hati.

2. Garut, Swiss Van Java
Kalau Bandung disebut sebagai Parisnya Jawa, maka lain lagi dengan Garut yang memiliki julukan Swiss dari Jawa. Kota yang ramai dengan pernikahan singkat si bupati Aceng ini disebut Swissnya Jawa karena memiliki kesamaan dalam pesona alamnya, terutama keindahan gunung-gunung, danau-danau yang bersih, dan kawasan-kawasan perbukitan menjadikannya ibarat Swiss yang memiliki pesona alam yang sama. Julukan ini juga ternyata sudah tersemat sejak zaman kolonial Belanda. RatuWilhelmina, Ratu Belandan di saat itu, kabarnya sampai memiliki peristirahatan pribadi di Garut, ibarat villa-villa orang tajir jaman sekarang lah.
Salah satu gunung yang terkenal di Garut tentu saja gunung Papandayan. Dengan tinggi sampai 2.665 meter di atas permukaan laut, kesegaran dan kesejukannya pastilah tidak kalah dengan gunung Alpen.

3. Tasikmalaya, Delhi Van Java.
Tasikmalaya dijulki Delhi dari Jawa bukan karena goyangannya lho... Tapi Tasikmalaya pun ternyata di juluki Delhi Van Java, karena secara geografis daerah perbukitan yang ada di sana sangat mirip seperti yang ada di Delhi, India. Bila anda ke Tasik, pasti jalanan yang naik turun tanpa henti dirasakan, perbukitan-perbukitan indah akan terhampar sepanjang perjalanan yang anda miliki di Tasikmalaya, dan itu adalah pesona yang mirip jika anda berkunjung ke Delhi India.

4. Karimunjawa, Carribean Van Java
Ingat Jack Sparrow dengan film terkenalnya the Pireate of Carribean? Nah kalau anda ingat pasti anda tidak pernah lupa bahwa Karribia terdiri dari beberapa pulau kecil dan hamparan lautan yang ada di dalamnya. Karimunjawa juga demikian, keindahannya ibarat berada di Karibia dengan hamparan laut luas namun diselingi dengan pulau-pulau kecil, oleh sebab itu disebut dengan Carribean van Java. Tapi tahukah anda bahwa Karimunjawa bukanlah kabupaten seperti Tasik, Garut, atau Situbondo. Karimunjawa hanyalah sebuah kecamatan di kabupaten Jepara Jawa tengah. Di sana terdapat Taman nasional terkenal yang disebut dengan Taman Nasional Karimunjawa.

5. Situbondo, Africa Van Java
Kalau membaca Africa mungkin anda terbayang dengan orang berpostur besar, kuat, dan berkulit hitam. Apakah orang Situbondo juga demikian? Jangan salah sangka sobat. Situbondo disebut dengan Africa dari Jawa karena ketika anda ke sana akan merasakan suasana khas Africa dengan hamparan savana dan kawasan satwa liar (Taman Nasional Baluran). Jika anda berniat ke Bali melewati Situbondo, maka anda harus siap-siap dengan kendaraan berisi bahan bakar yang full, karena seketika anda masuk ke sana, tidak akan anda temukan pom bensin, atau tempat persinggahan, yang ada adalah hamparan luas alami dengan balutan satwa liar berkeliaran. Oleh sebab itu Situbondo disebut Africa van Jawa.

0 Response to "5 Kota Indonesia Dengan Julukan Van Java"

Posting Komentar