Latest Updates

5 Pesantren Terbaik di Indonesia

Sangat sulit untuk mengerucutkan pondok pesantren menjadi lima yang terbaik. Namun demikian apa yang menjadi landasan kami adalah beragam faktor keunikan, dan juga keunggulan yang tidak dimiliki oleh pondok-pondok lainnya, atau setidaknya pondok tersebut merupakan pelopor dari sistem-sistem pesantren yang berkembang di Indonesia untuk saat ini.


1. Ponpes SIDOGIRI Pasuruan

Ponpes ini menempati urutan pertama yang terbaik dengan beberapa alasan utama. Salah satunya adalah pengaruhnya dalam pendidikan bermodel pesantren di Indonesia. Ia merupakan pesantren yang tertua (1718), bukan hanya itu, tapi ponpes ini bukan hanya tetap eksis, tapi terus berusaha untuk maju dan berkembang hingga sekarang. Ponpes SIDOGIRI juga salah satu pondok yang sangat berani tetap mempertahankan pendidikan salaf atau dengan kata lain murni untuk mengkaji ilmu agama dan faktanya pondok ini mampu mempertahankan santri hingga puluhan ribu (Putra dan Putri), padahal umumnya pondok pesantren sudah mulai goyah dengan pola seperti ini dan lebih sering mencampur dengan pendidikan umum.

Yang patut diperhitungkan dari pesantren ini adalah keberhasilannya dalam membentuk sebuah kemandirian finansial berkat berbagai usaha bisnisnya yang sangat sukses, terutama dalam lembaga keuangan bernama BMT (Baitul Mal Wat Tamwil) yang memiliki banyak cabang, bahkan memiliki website tersendiri (http://bmtugtsidogiri.co.id/kantor-pelayanan.html). Ponpes ini juga memiliki banyak waralaba dan banyak usaha lainnya.

Tidak sampai di sini, ia juga memiliki ma’had ali, setingkat universitas yang bernama tarbiyatul Mu’allimin. Apalagi dengan pengiriman guru ke berbagai penjuru nusantara menjadikan jaringan alumninya sangatkuat.

2. Ponpes Langitan

Ponpes Langitan termasuk salah satu pondok pesantren tertua di Indonesia. Berdiri pada tahun 1852 di daerah Tuban Jawa Timur. Pondok ini sangat berpengaruh terutama di kawasan Surabaya ke barat, seperti Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Cepu, dll. Pondok ini patut diberikan respek mengingat kemampuannya untuk eksis dan berkembang dengan pendidikan yang murni salaf.

Namun yang menjadikan Langitan sebagai ponpes terbaik adalah kualitas alumninya yang menunjukkan kiprah dan peran luar biasa di kancah pondok pesantren, dan peta da’wah nasional. Dari yang berawal hanya surai kecil, pondok ini selanjutnya melahirkan tokoh-tokoh besar dan menjadi pengasuh pondok pesantren. Seperti KH. Kholil Bangkalan, KH. Hasyim Asy’ari (Tebu Ireng), KH. Syamsul Arifin, dan lain-lain. Boleh dikatakan pondok ini merupakan sesepuh pondok pesantren salaf. Figur kharismatik salah satu pengasuhnya yaitu KH Abdullah Faqih di kancah politik nasional juga menambah dikenalnya nama pesantren ini.

3. Pondok Modern GONTOR

Yang satu ini pantas menjadi terbaik karena merupakan inovator dan pelopor sistem pendidikan pondok pesantren modern yang diilhami antara lain oleh sistem pendidikan di Aligarh Muslim University, Syanggit, Santiniketan, dan Al Azhar. Pondok ini mampu meramu hingga menemukan sebuah sistem pendidikan modern dengan kurikulum tersendiri dan menjadikannya sebagai rujukan pondok pesantren modern di Indonesia.

Ciri khas pondok Gontor adalah penerapan kedisiplinan yang tinggi, kemampuan untuk berbahasa Arab dan Inggris dengan menjadikannya sebagai bahasa sehari-hari, kerapian berpakaian seperti masyarakat perkotaan membuat pondok ini banyak membuka mata batin masyarakat perkotaan yang dulunya enggan untuk mondok di pesantren.

Secara keseluruhan, sistem yang diterapkan Pondok Modern Gontor berjalan dengan sangat sukses. Dan setiap kesukesan selalu menciptakan tren baru. Saat ini banyak pesantren yang menyebut dirinya "modern" memfoto-copy apa yang dilakukan Gontor dengan beberapa modifikasi. Contoh seperti pondok Darun Najah Jakarta, Darul Qalam Banten, dan beragam pondok modern yang ada di Indonesia.

4. Pondok Pesantren AL-KHAIRAAT PALU

Yang satu ini adalah pondok pesantren terpopuler dan paling berpengaruh di luar Jawa, khususnya di Sulawesi dan Indonesia timur. Yang menjadikan pondok ini masuk kategori terbaik adalah peran habaib di dalamnya. Dalam arti pondok ini merupakan pesantren besar yang didirikan dan diasuh oleh seorang habaib. Yang lebih membuat pondok ini masuk jajaran terbaik tentu saja banyaknya santri dan cabang yang dimiliki. Bayangkan saja, staff pengajarnya berjumlah 7.000, dan unit pendidikannya berjumlah 1.400.

Ponpes ini boleh dikatakan sebagai salah satu pondok terbesar yang memasukkan beragam pelajaran kesenian dalam kurikulumnya. Pelajaran nasyid, samrah atau jepeng oleh pengurus Pondok Pesantren Al Khairat, Palu, Donggala, Sulawesi Tengah, dijadikan penyeimbang pelajaran agama dan umum. Tak heran alumninya menduduki beragam posisi penting dan menjadi da'i handal di kawasan Indonesia Timur.

Bila anda ingin menikmati keindahan jepeng --tarian ala Timur Tengah-- cukup datang ke Pesantren Al-Khairaat. Terutama di Bulan Syawal. Sebab, pada bulan itulah biasanya Al-Khairaat menggelar bulan kesenian. Ada lomba membaca syair, nasyid, juga jepeng.

Dengan kesabaran dan kegigihan seperti itulah, Al-Khairaat yang kini memiliki sekitar 210 ribu santri dan mahasiswa, sukses membangun basis pengembangan di Sulawesi, Maluku, Papua, Halmahera, dan pulau Bunyu di Kalimantan Timur. Bahkan sekarang Al-Khairaat telah memiliki basis pengembangan di Condet, DKI Jakarta.

5. Pondok Pesantren NURUL JADID Paiton Probolinggo

Untuk pondok yang satu ini sebenarnya lebih berdasarkan kelengkapan pendidikan yang dimiliki. Jika pada umumnya pondok pesantren fokus di salah satu bidang, atau tingkat saja, namun untuk Nurul Jadid memiliki tingkatan keragaman pendidikan yang sangat lengkap. Oleh sebab itu kami masukkan menjadi salah satu pondok pesantren terbaik di Indonesia.

Pesantren ini memiliki lembaga pendidikan dari yang paling bawah seperti TK, SLTP (MTS, SMP), SLTA (SMA, MA, SMK) sampai perguruan tinggi dengan berbagai jurusan baik agama (STAINJ) maupun sains seperti teknologi informasi (STT Nurul Jadid) dan kesehatan (STIKES).

Selain itu, madrasah diniyah, ma'had aly dan tahfidz Al-Quran juga tersedia di pesantren ini sehingga tidak ada alasan bagi umat Islam untuk tidak mengirimkan putranya ke pesantren dengan alasan ketiadaan jurusan yang dicari. Lebih detail.

Dari beragam sumber

0 Response to "5 Pesantren Terbaik di Indonesia"

Posting Komentar