Latest Updates

5 Mitos Jawa Yang Berhubungan Dengan Hewan



 1. burung pipit yang berkicau terus menerus

Burung pipit yang juga disebut dengan burung prenjak dalam mitos jawa digunakan untuk mengetahui kehadiran tamu. Lebih canggih dari kamera cctv karena jauh sebelum tamu datang, menurut mitos, si burung akan terus berkicau. Namun lebih rumit lagi ada beberapa arti yang hendak disampaikan burung dengan kicauannya.
  Apabila si burung bertengger di belakang atau sisi kiri rumah, tandanya si tamu akan membawa kabar buruk atau malapetaka.
Apabila si burung bertengger di depan atau sisi kanan, tandanya si tamu akan membawa berita baik dan kebaikan. 
Makanya jangan heran jika orang jawa, bahkan di film-film sering memunculkan tokoh yang gemar memelihara burung


2. Kupu-kupu di dalam rumah


Hampir sama seperti burung pipit, apabila kupu-kupu masuk ke dalam rumah dan berputar-putar bahkan hinggap, tandanya rumah tersebut akan kedatangan tamu. Tapi mitos yang satu ini lebih populer dibanding mitos sebelumnya, soalnya kalau burung prenjak harus dibeli, sedangkan kupu-kupu datang sendiri. Makanya mitos ini sering terdengar.



Tidak ketinggalan tentang mitos yang lebih detil berkaitan dengan kupu. Bila si kupu hinggap di badan salah satu anggota keluarga, maka yang datang adalah orang dekat.

3. Burung gagak berputar-putar di atas rumah

Burung gagak memang selalu dikaitkan dengan mistis. kalau ada burung gagak berputar-putar, menurut mitos akan ada yang meninggal atau ada yang meninggal di daerah yang dikelilingi burung gagak tersebut (daerah di bawahnya).

4. Ayam jantan berkokok sore hari atau tengah malam

Para orang tua dahulu percaya, bahwa apabila ada ayam jantan yang berkokok sore hari atau tengah malam, maka akan datang wabah penyakit atau gangguan makhluk halus. Kalau yang satu ini boleh dikatakan sudah sangat lama tidak lagi populer, soalnya orang sudah tidak banyak melihara ayam, hehehe. Kecuali kalau peternak ayam.

5. Celaka bila menabrak kucing

Mitos yang satu ini adalah berkaitan dengan musibah, ke apesan seseorang. Yaitu apabila saat sedang berkendara maka Anda menabrak kucing, maka ini adalah sebuah peringatan supaya berhati-hati karena Anda bisa celaka. Oleh sebab itu kalau ada orang jawa yang nabrak kucing, meski pun itu juga sudah dikubur baik-baik, pelakunya akan tetap ketakutan.

Dari beragam sumber

0 Response to "5 Mitos Jawa Yang Berhubungan Dengan Hewan"

Posting Komentar