Latest Updates

5 Kasus Korupsi Terheboh di Tahun 2013

Meskipun tahun politik hadir di tahun 2014, namun justru di tahun 2013 politik seolah menjadi berita paling hangat yang menghiasi berita-berita di tanah air yang dipicu oleh kasus korupsi-korupsi besar yang berunsur politis. Berikut lima Kasus korupsi paling heboh di tahun 2013 yang berhasil kami himpun.

1. Anas Urbaningrum
Kasus heboh yang pertama adalah terjeratnya Anas yang saat itu menjabat sebagai ketua Partai Demokrat dalam kasus korupsi Mega proyek Hambalang atau atau lebih dikenal wisma atlet yang lebih dulu disulut oleh Nazaruddin. Konon mantan ketua HMI ini kecipratan uang senilai 2,21 M yang digunakan terutama untuk pencalonannya sebagai ketua umum partai Demokrat, bahkan ada yang menyangka korupsi ini dilakukan sebagai modal nyapres. Kasus ini menjadi sangat fenomenal karena Anas tercatat sebagai ketum partai penguasa pemerintah yang mempunyai slogan kampanye “Korupsi No” dan justru ketika itu banyak kader yang terseret ke dalamnya. Nama Anas juga menjadi daya sedot tersendiri mengingat pernyataannya di publik yang menyatakan bahwa sekiranya ia terbukti bersalah maka ia bersedia digantung di Monas. Sampai tulisan ini dibuat Anas masih berstatus sebagai tersangka, tapi tetap saja menjadi berita paling heboh mengingat ia berada di puncak kursi empuk partai.

2. Luthfi Hasan Ishaq
Yang satu ini tidak kalah heboh mengingat kedudukannya kala terjerat kasus korupsi merupakan ketua umum partai keadilan sejahtera yang notabenenya adalah partai dengan gembor-gembor agama islam. Sangat ironi kemudian jika ternyata ketuanya terjerat kasus korupsi yang mencengangkan publik, terlebih kemudian ada perempuan-perempuan yang dikaitkan dengan kasus tersebut yang diistilahkan dengan Pustun (gadis keturunan pakistan) yang kemudian diketahui bernama Darin Mumtazah.
Ini percakapannya,

Fathanah: Assalamu'alaikum
Luthfi: Wa'alaikumsalam

Fathanah: Istri-istri antum sudah menunggu semua
Luthfi: Waduh

Fathanah: Hahaha (Tertawa)
Luthfi: Yang mana aja?

Fathanah: Ada semuanya
Luthfi: Yang pustun-pustun apa jawa sarkia?

Fathanah: Pustun
Luthfi: Hehehe (Tertawa)

Dalam kasus ini Luthfi dihukum selama 16 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar dengan ketentuan jika denda tak dibayar diganti 1 tahun kurungan.

3. Angelina Sondakh
Kalau yang satu ini masih dalam lingkup lingkaran partai Demokrat. Namun yang menjadikannya sebagai trending topic tentu saja statusnya yang dulunya sebagai artis dan putri Indonesia (2001). Efeknya ketika ia terjerat kasus korupsi baik berita gosip, berita harian di layar kaca selalu memunculkannya. Yang lebih menghebohkan lagi tentu saja karena kesaksiannya yang berkaitan tentang tidak memiliki BB dianggap palsu, hingga kemudian ada gerakan dari perempuan kepada Angelina untuk jujur. Janda dari almarhum Adjie Masaid ini lebih memanas lagi ketika ia mencoba banding hukuman yang diterimanya (4,5 tahun penjara), tapi justru kemudian diberatkan menjadi 12 tahun penjara. Foto-foto shock wajah Angelina pun tersungkur di mana-mana, dari Putri Indonesia Menjadi Ratu Koruptor.

4. Akil Mochtar
Kalau yang satu ini menjadi paling hangat karena kasusnya seolah-seolah meruntuhkan kekuatan hukum di Indonesia. Bagaimana tidak, posisinya sebagai ketua Mahkamah Konstitusi yang bisa disuap oleh tubagus dalam sengketa pilkada Lebak menjadikan masyarakat sudah berpresepsi jelek terhadap hukum yang ada di Indonesia. Artinya dari kepala desa sampai ketua MK bisa disuap dengan mudah. Yang lebih membuat kasus ini heboh adalah pernyataan Akil sendiri yang mengatakan bahwa koruptor harus dipotong jarinya, giliran dia yang korupsi paling hanya kuku dan rambut saja yang dipotong. Apalagi Akil ditangkap karena ketangkap basah menerima uang suap sebesar 1.000.000.000, otomatis ketua MK ini tidak bisa mengelak. Wassalam hukum Indonesia.

5. Dinasti Atut Choisiah
Ini efek dari kasus Akil Mochtar yang mana pemberi suap kepadanya adalah Tubagus Chairin, adik kandung dari Ratu Atut Choisiah. Namun karena hal ini dinasti politik Atut yang korup terkuak, bahkan dalam gelar perkara KPK, anak dari jawara Banten ini tidak hanya terjerat kasus suap Mahkamah Konstitusi, tapi juga korupsi dalam proyek-proyek lain yang nilainya juga besar. Hebatnya Atut adalah menciptakan sistem lingkaran korupsi yang diatur dengan rapi, oleh sebab itu kami menjadikannya sebagai kasus besar di tahun 2013 karena kemudian merebak istilah Dinasti-dinasti politik di Indonesia rawan korupsi. Hebohnya lagi saat Dinasti Atut mencengkram Banten dengan kekayaannya yang menggurita, terutama adiknya hingga memiliki sampai belasan mobil bermerek mewah seperti Ferrari, dan Bentley, rakyat Banten justru dilanda kemiskinan. Fakta ini membuat rakyat hanya bisa gelengkan kepala mengucapkan, “Terlalu”.

Foto dan Data dari beragam sumber.

0 Response to "5 Kasus Korupsi Terheboh di Tahun 2013"

Posting Komentar