Latest Updates

5 Agama Besar Dunia (Berdasarkan Penganut)



1. Agama Kristen

 Agama Kristen adalah sebuah kepercayaan yang berdasar pada ajaran, hidup, sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus. Agama ini meyakini Yesus Kristus adalah Tuhan dan Mesias, juru selamat bagi seluruh umat manusia, yang menebus manusia dari dosa. Mereka beribadah di gerejadan Kitab Sucimereka adalah Alkitab. Murid-murid Yesus Kristus pertama kali dipanggil Kristen di Antiokhia.


Agama ini menduduki peringkat pertama, dengan penganut sebesar 2.100.000.000 di seluruh penjuru dunia.

2. Agama Islam

Islam yang artinya "berserah diri kepada Tuhan" adalah agama yang mengimani satu Tuhan, yaitu Allah. Islam memiliki arti "penyerahan", atau penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan(Arab: الله, Allāh). Pengikut ajaran Islam dikenal dengan sebutan Muslim yang berarti "seorang yang tunduk kepada Tuhan, atau lebih lengkapnya adalah Muslimin bagi laki-laki dan Muslimat bagi perempuan. Islam mengajarkan bahwa Allah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya, dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Muhammadadalah nabi dan rasul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah.

Agama ini menduduki peringkat kedua, dengan penganut sebesar 1.500.000.000. Di Indonesia sendiri agama Ini adalah agama terbesar, dengan penyebaran oleh para wali yang dikenal dengan wali songo (sembilan.)

3. Ateis

Sebenarnya ateis bukanlah sebuah agama, karena pada dasarnya ateisme adalah sebuah pandangan filosofi yang tidak memercayai keberadaan Tuhandan dewa-dewiataupun penolakan terhadap teisme. Dalam pengertian yang paling luas, ia adalah ketiadaan kepercayaan pada keberadaan dewa atau Tuhan. Namun seiring berjalannya waktu kepercayaan akan tidak adanya Tuhan justru menjadi satu agama tersendiri. 

Dalam analisa kami, hal ini dikarenakan banyak orang beragama frustasi dengan keberadaan agama yang saat itu dianutnya justru tidak memberikan ketenangan, dan semakin membuat kebingungan. Bahkan fakta yang terakhir dikutip dari http://www.adherents.com/Religions_By_Adherents.html, hampir 16% penduduk dunia ternyata Ateis. Kalau dalam angka sekitar 1.100.000.000.

4. Agama Hindu

Agama Hindu, dan Vaidika-Dharma("Pengetahuan Kebenaran") adalah sebuah agama yang berasal dari anak benua India. Agama ini merupakan lanjutan dari agama Weda (Brahmanisme) yang merupakan kepercayaan bangsa Indo-Iran (Arya). Agama ini diperkirakan muncul antara tahun 3102 SM sampai 1300 SM dan merupakan agama tertua di dunia yang masih bertahan hingga kiniPenganut agama Hindu sebagian besar terdapat di anak benua India. Di sini terdapat sekitar 90% penganut agama ini. Agama ini pernah tersebar di Asia Tenggarasampai kira-kira abad ke-15, lebih tepatnya pada masa keruntuhan Majapahit. Pada masa sekarang, mayoritas pemeluk agama Hindu di Indonesia adalah masyarakat Bali, selain itu juga yang tersebar di pulau Jawa,Lombok, Kalimantan (Suku Dayak Kaharingan), Sulawesi (Toraja dan Bugis - Sidrap).

Agama ini menduduki peringkat ketiga, dengan penganut sebesar 900.000.000 di seluruh dunia.

5. Kepercayaan Tradisional Tionghoa dan Budha

Kepercayaan tradisional Tionghoa ialah tradisi kepercayaan rakyat yang dipercayai oleh kebanyakan bangsa Tionghoa dari suku Han. Kepercayaan ini tidak mempunyai kitab suci resmi dan sering merupakan sinkretisme antara beberapa kepercayaan atau filsafat antara lain Buddhisme, Konfusianisme dan Taoisme. Kepercayaan tradisional Tionghoa ini juga mengutamakan lokalisme seperti dapat dilihat pada penghormatan pada datuk di kalangan Tionghoa di Sumatera sebagai pengaruh dari kebudayaan Melayu.

Sedangkan Agama Buddha adalah sebuah agama dan filsafat yang berasal dari anak benua India dan meliputi beragam tradisi kepercayaan, dan praktik yang sebagian besar berdasarkan pada ajaran yang dikaitkan dengan Siddhartha Gautama, yang secara umum dikenal sebagai Sang Buddha (berarti “yang telah sadar” dalam bahasa Sanskerta dan Pali). Sang Buddha hidup dan mengajar di bagian timur anak benua India dalam beberapa waktu antara abad ke-6 sampai ke-4 SEU (Sebelum Era Umum). Beliau dikenal oleh para umat Buddha sebagai seorang guru yang telah sadar atau tercerahkan yang membagikan wawasan-Nya untuk membantu makhluk hidup mengakhiri ketidaktahuan/kebodohan (avidyā), kehausan/napsu rendah (taṇhā), dan penderitaan (dukkha), dengan menyadari sebab musabab saling bergantungan dan sunyatam dan mencapai Nirvana (Pali: Nibbana).

Kami mengelompokkan keduanya dalam peringkat lima. Berdasarkan http://www.adherents.com/Religions_By_Adherents.html, dua agama ini dianut masing-masing 6% penduduk dunia. Walaupun dari data di children’s world atlas, penganut kepercayaan tradisional Tionghoa di dunia mencapai 394.000.000. sedangkan Buddha dianut lebih dari 376.000.000 jiwa. 

Dari beragam sumber

0 Response to "5 Agama Besar Dunia (Berdasarkan Penganut)"

Posting Komentar