Latest Updates

5 Penyakit Bahaya Akibat Rokok

Sebenarnya sudah banyak berita atau iklan yang memunculkan persoalan ini, namun tentu saja banyak yang masih belum kapok karena sakit baru akan timbul bertahun-tahun setelah merasakan nikmatnya rokok. Berikut 5 Penyakit mematikan akibat zat-zat beracun dalam rokok.

1. Kanker Paru-paru
Penyakit ini merupakan yang paling banyak merenggut nyawa bagi para perokok. Sebab yang sesungguhnya adalah zat tar yang sebenarnya bahan dasar dari pembuatan aspal dan ketika dihisap akan menempel pada paru-paru, selanjutnya membuat iritasi pada paru-paru. Dengan adanya zat Tar tersebut, sel-sel dalam saluran darah terbunuh, lendir di paru-paru pada akhirnya diproduksi secara berlebihan, dan kemudian efek paling membahayakan adalah kanker paru-paru hingga mematikan. Akibatnya hampir setiap 1 di antara 10 perokok sedang akan meninggal, dan 1 dari 5 perokok berat juga akan menjemput maut akibat penyakit paling ganas ini.

2. Jantung
Efek pada penyakit jantung sebenarnya juga berasal dari adanya gas karbon monoksida yang terkandung dalam rokok. Gas ini akan mengikat oksigen dalam tubuh, sehingga asupan gas ke dalam jantung berkurang, pada akhirnya hemoglobin terikat, selanjutnya tubuh kekurangan oksigen, karena hal ini pompa jantung akan bekerja jauh lebih cepat karena mencoba mencari oksigen. Ditambah lagi ada zat nikotin yang menjadikan jantung bekerja jauh lebih cepat dari biasanya. Oleh sebab itu meskipun tidak ada riwayat keturunan jantung, tapi kalau sudah merokok, resiko untuk mendapatkan serangan jantung tetap tinggi.

3. Impotensi
Jika anda seorang perokok, dan mengalami impotensi atau disfungsi ereksi, maka ini sebenarnya hanyalah sebuah gejala awal dari terkenanya tubuh oleh serangan racun dalam rokok. Sebab utamanya adalah pembuluh darah yang ada dalam tubuh sudah dipersempit oleh nikotin, terutama pembuluh darah arteri, sehingga aliran darah menuju penis akan sangat kurang. Dan jangan menganggap enteng, karena impotensi merupakan salah satu penyakit yang paling dikhawatirkan pria, khususnya di usia 30-40 tahun yang obatnya tidak memiliki kemujaraban secara paten.

4. Pernafasan
Jika anda adalah seorang perokok, kemudian pernafasan anda merasakan sedikit terganggu, maka ini adalah tanda bahwa rokok sudah menyerang tubuh anda. Alasannya tentu saja berkaitan dengan saluran pernafasan yang setiap harinya selalu dilewati dengan asap, sehingga saluran pernafasan akan kotor, dan kantung udara yang ada dalam paru-paru juga akan kotor. Akhirnya saluran pernafasan tersebut akan terganggu, dan menjadikan anda tidak bernafas selancar biasanya. Sebab utamanya adalah berubahnya fungsi paru-paru yang sudah terinfeksi dengan asap rokok. Pada akhirnya Bronkitis, dan Asma akan mulai menjadi penyakit akrab untuk perokok.

5. Gangguan Medis Lain
Bagi anda perokok berat, maka waspada terhadap beberapa penyakit ini, karena rokok bisa menjadi beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), berkurangnya fungsi penglihatan ditandai dengan mata memerah, kekebalan tubuh berkurang hingga mudah terserang penyakit, menguningnya gigi dan gusi, dan yang pasti perokok akan mengalami batuk-batuk, baik yang ringan, hingga sangat berat dan akut.

0 Response to "5 Penyakit Bahaya Akibat Rokok"

Posting Komentar