Latest Updates

5 Akademi Sepakbola Terbaik di Dunia

Berikut beberapa akademi sepakbola terbaik yang mampu menghasilkan pemain-pemain hebat yang akrab bermain di klub-klub besar eropa khususnya.

1. La Masia Academy (Spanyol)
Akademi ini didirikan pada 1979. Tempat Lionel Messi belajar menggocek si kulit bundar ini tidak diragukan lagi sebagai akademi sepakbola terbaik di jagat raya. Hampir semua yang mengulas tentang ini meletakkan La Masia diurutan pertama. Terutama karena Barcelona hampir di beberapa tahun ini merajai Eropa dengan tiga gelar Liga Champion berhasil mengisi rak piala.

Sebut saja nama-nama seperti Ramon Caldere, Albert Ferrer, Josep Guardiola, Victor Valdes, Pedro, Busquets, Carles Puyol and Gerard Pique, lahir dari akademi ini. Bahkan sekarang di Barcelona kembali muncul nama-nama yang mulai merangkak naik seperti Marc Bartra, Cristian Tello. Bukti nyata dari akademi ini di tahun 2010, di mana Xavi Hernandez, Andres Iniesta, dan Lionel Messi hadir bersamaan sebagai nominator peraih Ballon D’or.

2. Manchester United (Inggris)
Akademi MU meroket ketika alumni Class of 1992 mampu menundukkan eropa dan meraih treble di tahun 1999, saat itu nama-nama seperti David Beckham, Ryan Giggs, Neville bersaudara, Nicky Butt, dll mengisi skuat utama. Akademi ini juga berhasil menyokong MU menjadi salah satu tim terkonsisten untuk mengisi The Big Four (istilah untuk empat besar di liga Inggris).

Sekarang nama-nama baru juga muncul di dalam skuad MU, sebut saja Tom Cleverley. Sebagian besar kesuksesan akademi ini diprakarsai oleh Sir Alex Ferguson. Sejak menangani United, Sir Alex sangat memercayai bakat muda klubnya. Kepercayaan tersebut tentu saja dibarengi dengan pengasahan dari tangan dingin pelatih. Dan sampai sekarang meskipun sudah berganti pelatih, MU tetap menjadi klub sepakbola yang disegani di daratan eropa.

3. De Toekomst (Belanda)
Yang satu ini adalah akademi milik Ajax Amsterdam. Dari akademi ini lahir banyak pemain berbakat seperti De Boer bersaudara dll. Hingga kemudian Ajax pernah merajai Eropa dengan pemain-pemain berbakat yang mereka hasilkan. Tetapi di era modern, Ajax memiliki kesulitan untuk mempertahankan para pemain berbakat yang mereka kembangkan. Karena godaan tawaran uang yang disodorkan membuat pemain tidak lama bertahan.

Tapi De Toekomst tetaplah salah satu yang terbaik karena terus menghasilkan pemain-pemain hebat seperti Suarez, Johann Cruyff, Wesley Sneijder, Van der Vaart, Van der Sar, Vermaelen, Bergkamp, Vertonghen. Bahkan La Masia yang kini menjadi terbaik juga tidak lepas dari tangan dingin Johann Cruyff sebagai alumni De Toekomst.

4. Arsenal (Inggris)
Sebenarnya akademi yang satu ini boleh dikatakan memiliki sistem yang berbeda. Akademi ini lebih lebih dikenal karena bisa mengembangkan bakat pemain muda yang mereka dapat dari klub lain. Dengan dipimpin Arsene Wenger, Arsenal Academy bisa menyuplai kebutuhan pemain-pemain kelas atas yang dibutuhkan The Gunners. Hingga pada akhirnya dikenal istilah The Young Gun.

Selain itu, Arsenal mempunyai kebijakan pemberian kontrak pada pemain yang telah berumur 30 tahun keatas, yaitu tidak lebih dari satu musim saja. Program yang ada di akademi ini berdurasi 20 jam pelatihan tiap minggunya yang berisi tentang pelatihan fisik maupun seminar sepak bola, seperti diet dan nutrisi, psikologi, formasi/taktik tim dan apa aja yang bisa bikin pemain hebat.

5. Sporting Lisbon (Portugal)
Nama-nama seperti Cristiano Ronaldo, Joao Moutinho, Hugo Viana, Luis Figo, Miguel Veloso, Nani, Paulo Futre, Ricardo Quaresma, Simao Sabrosa, Rui Aguas, Luis Boa Morte pasti akrab di telinga penggila bola. Mereka tidak lain adalah lulusan akademi Sporting Lisbon. Konon jika klub dari Portugal ini mampu mempertahankan pemainnya, mereka bisa menjad salah satu klub disegani di Eropa. Buktinya Cristiano Ronaldo dan Luis Figo adalah pemecah nilai transfer paling tinggi di jagat raya pada masanya.




0 Response to "5 Akademi Sepakbola Terbaik di Dunia"

Posting Komentar