Latest Updates

5 Universitas Terbaik di Indonesia

Kali ini kami menghadirkan 5 universitas terbaik di Indonesia berdasarkan rangking Dunia di http://www.webometrics.info.

1. Institut Teknologi Bandung. (World Ranking, 600)
Yang pertama adalah ITB. Kampus bertempat di Bandung ini memang dikenal memiliki input mahasiswa yang luar biasa cerdas, hingga pada akhirnya mereka juga mampu mengeluarkan output yang lebih berkualitas. Konsennya pada bidang teknologi perlu diapresiasi. Dan setiap tahun ITB tidak lepas dari jajaran 5 besar universitas terbaik di Indonesia.
Hingga tahun 2012 ITB telah memiliki empat program studi yang terakreditasi secara internasional dari salah satu lembaga akreditasi independen Amerika Serikat ABET, di mana ITB merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri di Indonesia yang memiliki akreditasi internasional tersebut.

2. Universitas Gadjah Mada, 640.
Dirunut dari awal, input mahasiswa UGM merupakan pelajar-pelajar terbaik di negeri ini. Semua berkumpul di Universitas ini untuk: berkompetisi, berorganisasi, berkreasi, dan mencari kesenangan. Jadi lengkap sekali hal-hal yang bisa dilakukan di Universitas ini. Semua diakomodir, baik oleh pihak Kampus, ataupun dari mahasiswa UGM yang cerdas, kreatif, dan selalu beraksi.
Kampus yang bertempat di Jogja ini memang sudah terkenal sebagai salah satu jajaran Universitas TOP di Indonesia. Satu sisi yang membuat nyaman belajar di sini dibanding dengan sebuah institut lain, adalah awal masuk kita langsung diarahkan untuk belajar di Jurusan yang kita kehendaki. Kita tidak perlu menambah jerih payah selama satu tahun untuk berjuang menentukan Jurusan kita belajar dengan resiko keinginan kita akan suatu jurusan tidak tercapai jika kita tidak lolos dalam proses filtrasi.

3. Universitas Indonesia, 653
Kelebihan UI bisa diklasifikasi ke dalam empat kriteria utama, yaitu research quality, teaching quality, graduate employability, dan internationalitation. Kelebihan yang lain adalah perpustakaannya. UI memiliki perpustakaan dengan luas bangunan 30.000 m2 serta terdiri atas delapan lantai. Perpustakaan pusat UI tersebut akan mampu menampung sekitar 10.000 pengunjung dalam waktu bersamaan atau sekitar 20.000 orang per hari selain itu juga akan menampung 3-5 juta judul buku. Perpustakaan ini terbuka juga untuk umum
UI juga mempunyai lingkungan kampus yang bersahabat dan asri. Aksesnya tidak tak terbatas, maksudnya, hanya orang yang berkepentingan yang akan masuk lingkungan kampus UI, karena jalanan UI bukan jalanan umum. Tata ruang kampus sudah terkelola dengan baik.

4. Universitas Padjadjaran, 1084.
Universitas Padjadjaran (disingkat Unpad) adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Universitas Padjadjaran memiliki dua kampus utama, yaitu Kampus Iwa Koesoemasoemantri di Dipati Ukur, Bandung dan Kampus Jatinangor, Kabupaten Sumedang.
Kampus yang masih satu kota dengan ITB ini memang sudah terkenal namanya di Indonesia. Meskipun seringkali bergeser posisinya, namun kali ini UNPAD merangkak naik karena beragam prestasi yang diraih. Salah satunya, seperti menciptakan obat unggas, dll.

5. Universitas Gunadarma, 1165.
Salah satu keunikan Gunadarma adalah pemanfaatan media internet dalam proses belajar-mengajar. Dalam hal ini, misalnya seorang dosen atau staf pengajar diinstruksikan untuk membuat home page masing-masing. Home page tersebut bisa dimanfaatkandosen untuk memberikan bahan pelajaran secara lebih efisien. Bahkan, tidak jarang pula home page itu dimanfaatkan mahasiswa sebagai ajang komunikasi dengan pengajamya.
Kampus yang bertetangga dengan UI ini memang cukup besar, terus berusaha menunjukkan geliat perbaikan hingga menjadi salah satu yang terbaik.

0 Response to "5 Universitas Terbaik di Indonesia"

Posting Komentar