Latest Updates

5 Masjid Termegah di Indonesia

Indonesia juga menyimpan beragam kemegahan dalam bangunan, terutama masjid yang bahkan salah satu yang terindah di Asia Tenggara. Berikut lima termegah di antara sekian masjid yang ada di Indonesia.

1. Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahman, Malang
Ada beberapa faktor yang menjadikan masjid ini berada di urutan paling atas. Yang paling utama adalah arsitektur yang dimiliki tidak berkiblat pada satu gaya, namun penggabungan antara China, India, Romawi, bahkan timur tengah. Seperti gerbang masuk pesantren yang berbentuk raksasa dengan bergaya romawi. Belum lagi serambi masjid yang justru mirip seperti berada di dalam gua, dan dilengkapi dengan staklaktit. Apalagi jika perjalanan dilanjutkan ke dalam, interior megah dengan ukiran dan kaligrafi cantik benar-benar terpampang. Dengan jumlah lantai yang mencapai sepuluh, dan desain yang berbeda, maka masyarakat sampai menganggap masjid tersebut dibuat oleh bantuan jin, hingga disebut dengan masjid “Tiban” (tiba-tiba).

2. Rahmatan lil ‘Alamin, Indramayu.
Masjid yang satu ini memang layak disebut sebagai salah satu masjid termegah di Indonesia. Masjid yang berada di kampus al Zaytun ini berdiri di tanah seluas 6 hektar, dengan jumlah 6 lantai sehingga tampak menjulang tinggi dengan puncak kubah yang menawan. Masjid ini konon sering disebut monumen millenium ke tiga. Daya tampung masjid ini bahkan mencapai 150.000 jama’ah. Bahkan dana yang dihabiskan untuk membangun masjid ini mencapai Rp. 135.000.000.000. wow...

3. Dian al Mahri, Depok.
Masjid yang satu ini lebih dikenal dengan masjid kubah emas. Memang secara ukuran masjid ini hanya 8.000 meter persegi. Namun demikian Masjid ini berdiri di atas tanah seluas 70, taman-taman yang terbentuk dengan megah, dengan pot-pot bunga yang sangat besar menjadikan area masjid menjadi sangat indah. Namun demikian, memang yang menjadikan masjid ini termasuk yang termegah adalah lima kubahnya yang dilapisi emas setebal 2-3 milimeter dengan dihiasi mozaik kristal. Hiasan di tempat imam juga terbuat dari emas 18 karat. Jangan terkejut juga dengan pilar masjid yang berjumlah 168 buah, semuanya berlapis prado dan sisa emas. Bayangkan pula 6 minaret yang dimiliki masjid ini yang berbentuk segi enam yang tingginya masing-masing 40 meter. 6 minaret ini dibalut granit abu-abu dari itali dengan ornamen yang melingkar. Pada puncak minaret terdapat kubah berlapis mozaik emas 24 karat. Dengan daya tampung 15.000, masjid ini juga termasuk paling megah di antara masjid-masjid di Asia tenggara.

4. Islamic Centre, Samarinda
Masjid yang satu ini memiliki keunikan dalam hal kumpulan inspirasi pembuatan masjidnya. Menaranya dibuat seperti layaknya masjid Nabawi di Madinah. Kemudian kubah utamanya diilhami oleh masjid Haghia Sophia di Istanbul-Turki yang terkenal dengan salah satu yang termegah di Dunia. Dengan menempati sekitara 8 hektar tanah, masjid ini dilengkapi dengan 7 menara utama dengan ketinggian mencapai 99 meter, dan 4 menara penjuru pelengkap yang masing-masing setinggi 70 meter. Masih belum cukup, 2 menara juga ada di sisi kiri dan kanan gerbang utama dengan tinggi 57 meter. Artinya masjid ini dilengkapi dengan total 13 menara.

5. Masjid An Nur, Riau
Yang satu ini seringkali disebut sebagai duplikat Taj Mahal. Namun masjid yang satu ini didominasi warna hijau dan terdiri dari dua lantai. Masjid ini berdiri di tahun 1968, namun kemudian saat Gubernur Saleh Djasit menjabat, masjid ini dirombak besar-besaran. Bahkan sampai menggusur Stadion hangtuah, markas dari tim sepakbola PSPS Pekanbaru. Dulunya masjid tersebut hanya berdiri di atas lahan 4 hektar, dan sekarang diperluas hingga 12,6 hektar. Masjid ini juga memiliki rangkuman arsitektur dari Melayu, Turki, Arab, dan India. Beberapa sisi seperti taman juga memiliki kemiripan dengan masjid kubah emas Depok.


Dari beragam sumber

0 Response to "5 Masjid Termegah di Indonesia"

Posting Komentar